Disdik Palembang perpanjang pembelajaran jarak jauh

id Pjj palembang, disdik palembang, belajar daring palembang, Ahmad zulinto, COVID-19 palembang,Corona palembang, idi palem

Disdik Palembang perpanjang pembelajaran  jarak jauh

Siswa Sekolah Dasar didampingi orang tua melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring pada hari pertama tahun ajaran baru 2020-2021 di Palembang, Sumsel, Senin (13/7/2020) (ANTARA/Fenny Sely/20)

Palembang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palembang memperpanjang lagi proses pembelajaran jarak jauh bagi siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama karena wilayah tersebut masih berada di zona oranye COVID-19.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang Ahmad Zulinto, Rabu, mengatakan telah mengeluarkan surat edaran meminta pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang seyogianya berakhir pada 30 September namun diperpanjang hingga 31 Oktober 2020.

"Keputusan ini kami ambil setelah berdiskusi dengan IDI, untuk Kota Palembang masih belum direkomendasikan tatap muka," ujarnya.

Laporan Satgas COVID-19 membeberkan kondisi dan tingkat risiko bahaya penyebaran COVID-19 di Palembang yang belum stabil dan hingga saat ini belum pernah turun ke zona kuning, bahkan masih berpotensi meningkat kembali ke zona merah.

Kondisi fluktuasi tersebut menjadi alasan utama perpanjangan PJJ karena Pemkot Palembang lebih memprioritaskan keselamatan peserta didik.

Meski PJJ diperpanjang namun sekolah dapat memilih dua opsi, yakni PJJ lewat dalam jaringan (daring) menggunakan internet atau luar jaringan (luring) via saluran televisi, keduanya diserahkan pada kebutuhan dan keperluan sekolah.

"Kami juga mengingatkan kepada guru-guru SD dan SMP agar tetap memberikan tugas kepada siswa sesuai porsi dan tidak terlalu membebani siswa selama perpanjangan PJJ," tambahnya.

PJJ di Kota Palembang dimulai sejak 31 Maret atau sepekan setelah kemunculan kasus positif COVID-19 pertama pada 23 Maret, Disdik Palembang sendiri memutuskan untuk membangun puluhan jaringan pemancar internet gratis agar PJJ tetap berjalan.