Bupati OKU targetkan raih penghargaan kota sehat

id Bupati OKU,Kuryana Azis,penghargaan Swatisaba,perilaku hidup sehat,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini,

Bupati OKU targetkan raih penghargaan kota sehat

Bupati OKU Kuryana Azis (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Kuryana Azis menargetkan pada tahun ini dapat meraih penghargaan Swatisaba atau kota sehat dari pemerintah pusat yang diberikan untuk daerah bersih, nyaman dan sehat.

"Semua elemen masyarakat dan instansi di Pemerintahan Kabupaten OKU harus mempersiapkan diri mengikuti Penilaian Kota Sehat menuju Swastisaba tahun 2019," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Sumatera Selatan, Jumat.

Dia menjelaskan, Swastisaba atau Kota Sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota sehat yang terbagi dalam beberapa tingkatan seperti pemantapan, pembinaan dan wistara atau pengembangan.

Kota Sehat, kata Kuryana, merupakan kota bersih, nyaman, aman untuk dihuni oleh penduduk yang dapat dicapai melalui beberapa tatanan berintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah.

Swastisaba merupakan perwujudan dan perilaku hidup sehat warga Kabupaten OKU sehingga diharapkan dukungan dari semua pihak agar penghargaan tersebut dapat diraih tahun ini.

"Saya instruksikan mulai dari tingkat RT, RW, kades/lurah hingga camat dan OPD untuk bersama-sama mempersiapkan penilaian Kota Sehat menuju Swastisaba," tegasnya.

Dalam penilaian nanti, lanjut dia, setidaknya ada sembilan tatanan yang menjadi penilaian kota sehat yaitu ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri serta perkantoran sehat.

Selanjutnya, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pemukiman, sarana prasarana umum, kehidupan sosial yang sehat, kawasan pertambangan sehat serta kawasan hutan sehat juga akan menjadi penilaian untuk meraih penghargaan tersebut.

"Dengan dukungan dan kerja sama yang baik saya yakin penghargaan Kota Sehat untuk Kabupaten OKU dapat diraih," ujarnya.