Dana kelurahan di OKU capai Rp5 miliar

id Dana kelurahan,OKU,pemerintah kelurahan di OKU,Priyatno Darmadi,Kabag Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel

Tumpukan uang Rupiah. (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Kucuran dana bantuan dari Pemerintah Pusat untuk seluruh kelurahan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada tahun 2019 nilainya mencapai Rp5 miliar.

"Besaran dana bantuan untuk seluruh pemerintah kelurahan di OKU pada 2019 nilainya mencapai Rp5 miliar," kata Kabag Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Ogan Komering Ulu (OKU), Priyatno Darmadi di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, dana bantuan dari pemerintah ini diperuntukkan bagi 14 kelurahan yang ada di Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

"Jadi selain ada desa, juga ada dana kelurahan yang akan mulai diterima pada tahun ini oleh setiap pemerintah kelurahan," jelasnya.

Menurut dia, setiap kelurahan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu tersebut diprediksi akan mendapat kucuran dana bantuan sebesar Rp300 juta untuk satu tahun anggaran 2019.

Namun kata dia, nilai Rp300 juta/tahun tersebut belum final karena pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait pembagian dana untuk setiap kelurahan.

"Termasuk mekanisme pencairan dana apakah nantinya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), pemerintah kecamatan atau langsung dibagikan kepada kelurahan kami belum tahu karena masih menunggu petunjuk dari pusat," kata dia.

Peruntukkan dana bantuan ini, lanjut dia, antara lain untuk pembangunan sarana prasarana kelurahan, pemberdayaan masyarakat dan perbaikan pelayanan publik.

"Intinya dana ini diberikan pemerintah bukan untuk kepentingan pribadi melainkan guna menyejahterahkan masyarakat yang ada di setiap kelurahan," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar