Penumpang kapal meningkat selama Asian Games

id pelabuhan boom baru,IPC,muntok,ekpres bahari,penumpang kapal laut,hits,terkini,sumsel,palembang

Penumpang kapal meningkat selama Asian Games

Dermaga Bom Baru Palembang (ANTARA/Feny Selly)

....Sekarang rata-rata tiap keberangkatan ke Bangka bisa 200-300 penumpang....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Boom Baru Palembang meningkat selama Asian Games terutama kunjungan dari Pulau Bangka ke Palembang. 

"Hasil monitor kami melihat ada kira-kira peningkatan jumlah penumpang 30 persen yang didominasi rute Bangka - Palembang, kebanyakan masyarakat kalau berlayar ke Palembang itu dalam rangka liburan, jadi kemungkinan peningkatan yang ada karena ingin menonton Asian Games," kata staff Humas IPC Pelabuhan Boom Baru Ari Dwi Nugraha kepada Antara News Sumsel, Selasa. 

Menurutnya penumpang  menggunakan satu-satunya armada yakni kapal Expres Bahari rute Pelabuhan Muntok Bangka - Pelabuhan Boom Baru Palembang, terpantau padat tiga hari jelang Asian Games bergulir yakni 363 penumpang dan terus meningkat hingga puncaknya tanggal 27 sebanyak 456 penumpang, angka tersebut diatas rata-rata jumlah kedatangan yakni 200 penumpang. 

Dia juga menjelaskan jumlah penumpang pengguna jasa kapal penyebrangan sudah memperlihatkan grafik kenaikan beberapa bulan terakhir setelah sempat mengalami penurunan penumpang tahun lalu dipicu harga tiket pesawat. 

Tarif tiket tahun lalu sempat murah bahkan beda tipis dengan harga tiket kapal penyebrangan di Pelabuhan Boom Baru dan ditengarai membuat penumpang yang biasa menggunakan kapal beralih ke pesawat, namun saat ini harga tiket pesawat mengalami kenaikan sehingga pengguna jasa kapal penyebrangan ramai kembali, lanjutnya. 

"Sekarang rata-rata tiap keberangkatan ke Bangka bisa 200-300 penumpang, sedangkan dari Bangka juga sama, untuk keberangkatan sendiri kami jadwalkan hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, kami berharap agar tetap ramai terus jumlah penumpangnya," ujar Ari. 

Ia menambahkan keberangkatan kapal dari Pelabuhan Boom Baru menuju Pelabuhan Muntok pukul 07.00 WIB dengan biaya tarif Rp182.000 - Rp 232.000, sementara dari arah sebaliknya pukul 13.00 WIB dengan tarif Rp182.000 - Rp 202.000.