Ishak Mekki akan benahi sekolah agar bebas pungli

id Ishak Mekki, calon gubernur, sumsel, pilkada

Ishak Mekki akan benahi sekolah agar bebas pungli

Dok.(ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Calon Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki akan membenahi infrastruktur dan mewujudkan sekolah yang bebas pungli.

"Kota Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami cukup banyak kemajuan, meski begitu ada dampak yang harus diperhatikan, seperti masalah infrastruktur dan pelaksanaan sistem pendidikan," kata Ishak Mekki di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pembenahan infrastruktur seperti Kota Palembang harus dilakukan, karena masih sering terjadi banjir di beberapa kawasan akibat masih kurangnya daerah resapan air dan kolam retensi.

"Jadi, ketika banjir, air surut dalam waktu yang relatif lama dan ini dapat merusak jalan-jalan yang ada. Dengan data kerusakan jalan yang saya miliki, Insya Allah dalam waktu satu tahun dapat dibenahi seluruh jalan rusak," katanya.

Sementara mengenai pungli di sekolah masih banyak terjadi dengan berbagai modus kepada peserta didik.

Karena itu ia bersama pasangannya yang merupakan pakar IT, Yudha Pratomo Mahyuddin mengaku akan membuat program "online public service" sebagai solusinya.

"Ini dimaksudkan di antaranya untuk meminimalisir tindak korupsi atau KKN. Juga untuk mewujudkan program Ishak-Yudha yaitu sekolah yang benar-benar gratis dan sarana serta prasarananya yang juga gratis," ujarnya.

Cagub Sumsel yang didukung partai Demokrat, PBB dan PPP ini juga mengharapkan masyarakat Palembang dapat berpartisipasi untuk memilih pada pilkada serentak 27 Juni nanti.

"Pilihlah pemimpin yang berpengalaman dan amanah," katanya.

Pilkada serentak 2018 diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel.