RPH Ruminansia modern segera dioperasikan

id sayuti,rumah potong hewan,rph,dinas pertanian dan ketahanan pangan,sapi

RPH Ruminansia modern segera dioperasikan

Pemkot Palembang membangun Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminansia modern untuk persiapan stok pangan khususnya daging sapi jelang Asian Games 2018,  di Kecamatan Gandus. (ANTARA News Sumsel/Amanda Lydia Putri/Erwin Matondang/18)

....Terlebih lagi dengan adanya Asian Games, RPH harus memiliki standar internasional....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang siap meluncurkan Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminansia modern untuk persiapan stok pangan khususnya daging sapi jelang Asian Games 2018,  di Komplek RPH Jl.TPH Sofyan Kenawas Gandus .

"RPH ini dibangun guna mengganti yang lama, dan kami menjamin kelengkapan fasilitasnya," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sayuti, Rabu.

Dia juga menambahkan bahwa RPH sudah siap diluncurkan tinggal menunggu penyelesaian administrasi sesuai standar Internasional.

"Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum RPH dioperasikan mengenai audit operasional oleh perusahaan eksportir asal Australia yang berada di luar kota Palembang, " katanya.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti (ANTARA News Sumsel/Amanda Lydia Putri/Erwin Matondang/18)


RPH Ruminansia Modern Kota Palembang dibangun dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Palembang dan juga untuk mendukung Asian Games 2018 dalam hal penyediaan daging sapi yang memenuhi persyaratan ASUH (Aman,Sehat,Utuh dan Halal).

"Terlebih lagi dengan adanya Asian Games, RPH harus memiliki standar internasional, " jelas dia.

Saat ini kebutuhan daging di Kota Palembang mencapai 50 sapi per hari. Kapasitas Pemotong RPH Ruminansia Modern sebanyak 200 ekor sapi perhari dan produk yang dihasilkan sudah berstandar SNI dan memiliki Sertifikat Halal dari MUI.

Pembangunan RPH Ruminansia Modern Kota Palembang menggunakan sumber dana dari APBN  dengan total dana pembangunan sebesar Rp 25.228.927.000.