Pendidikan mengurangi kesenjangan gender dunia kerja

id pendidikan,dunia kerja,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Coca-Cola Amatil,KPPPA,pendidikan lebih tinggi

Pendidikan mengurangi kesenjangan gender dunia kerja

Ilustrasi. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan, tingkat pendidikan sangat berperan dalam mengurangi kesenjangan terkait gender di dunia kerja.

"Pendidikan sangat besar perannya dalam dunia kerja terutama terkait isu gender. Kalau pendidikan lebih tinggi kesenjangannya kecil hanya 47,59 persen," kata Pribudiarta di Jakarta, Kamis.

Pribudiarta dalam "Indonesian Women Forum" yang diselenggarakan Coca-Cola Amatil dan telkomtelstra mengatakan, jika pendidikan perempuan lebih rendah maka kesenjangan terkait upah juga semakin rendah.

Menurut dia, biasanya kesenjangan gender di dunia kerja terjadi pada sektor informal misalnya di sektor pertanian.

Karena sektor informal, menurut Pribudiarta cukup sulit untuk melakukan perlindungan kepada perempuan. Maka upaya yang dilakukan adalah kembali lagi ke pendidikan.

Upaya yang dilakukan KPPPA salah satunya adalah dengan mengembangkan model sekolah perempuan dimana perempuan diajarkan kemampuan untuk berani mengutarakan pemikirannya.

Selain itu juga dikembangkan sekolah formal yang disebut "Women Technical Village" yang berbasis di desa untuk meningkatkan keterampilan perempuan seperti keterampilan berbahasa dan ramah tamah.

"Kami baru kembangkan satu di Indonesia Timur yaitu di Waropen, nanti kita kembangkan juga di wilayah barat," ujar Pribudiarta.