RSUD Baturaja menghibahkan 310 kantong darah

id darah,donor dara,Transfusi Darah,Palang Merah Indonesia,pmi,berita palembang

RSUD Baturaja menghibahkan 310 kantong darah

Arsip- Kantong darah yang terisi penuh di Gerai PMI Palembang.(ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Soetowo Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menghibahkan sebanyak 310 kantong darah ke Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia setempat.

"Penyerahan tersebut kami lakukan setelah Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 83 Tahun 2014 mengatur bahwa yang berhak mengelola unit transfusi darah di daerah adalah Palang Merah Indonesia (PMI)," kata Kepala Bidang Penunjang RSUD Ibnu Soetowo Baturaja Ogan Komering Ulu, Komarudin di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan, setelah diberlakukannya Permenkes itu pihak rumah sakit tidak lagi melayani transfusi darah, jadi seluruh kegiatan tersebut merupakan wewenang Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Ogan Komering Ulu.

Komarudin mengatakan, 310 kantong darah yang diserahkan tersebut adalah stok 2016 lalu yang akan habis masa berlaku pada September 2018 mendatang.

"Jadi waktu RSUD menerapkan aturan  Permenkes, masih ada sisa persediaan ratusan kantong darah dan Ini merupakan stok 2016," katanya.

Namun Komarudin memastikan jika ratusan kantong darah tersebut akan habis sebelum masuk masa berlakukannya .

"Sebanyak 310 kantong paling satu bulan sudah habis, karena untuk RSUD saja dalam satu tahun membutuhkan 3.000 kantong darah dan itu belum dari rumah sakit yang lain. Jadi bisa dipastikan kantong darah tersebut akan habis dalam waktu satu bulan," tegasnya.

Sementara itu Sekretaris UTD PMI Ogan Komering Ulu Yunizir Djakfar mengucapkan terima kasih kepada pihak RSUD Ibnu Sutowo karena telah menjalin kerja sama yang baik dengan menghibahkan kantong darah.

Terkait masalah masa berlaku penggunaan akan habis pada September nanti, Yunizir  mengatakan jika masih bisa dimanfaatkan karena kebutuhan satu bulan UTD PMI membutuhkan sekitar 500 kantong.

"Ini akan kita dahulukan hibah kantong dari RSUD, hanya satu bulan 300 kantong darah ini bakalan habis, karena kita saja menggunakan 500 kantong dalam satu bulan," ujarnya.
(T.KR-EDO/B.S. Hadi)