Pendonor menurun, PMI Palembang jemput bola

id PMI Palembang,Donor darah di Palembang,Ramadhan di Palembang

Pendonor menurun, PMI Palembang jemput bola

Kegiatan donor darah oleh Unit Donor Darah PMI Kota Palembang, Sumsel (ANTARA/ HO- PMI Palembang)

Palembang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan mengadakan kegiatan jemput bola donor darah untuk meningkatkan stok selama Bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Palembang Ajeng Intan Estrie Amanda di Palembang, Kamis, mengatakan bahwa program tersebut dibuat bahkan sebelum Ramadhan. Namun Bulan Ramadhan ini pihaknya memacu donor darah untuk meningkatkan stok darah agar tidak kekurangan.

"Karena stok darah selama  Ramadhan mengalami penurunan atau saat ini hanya tersedia sebanyak 300 hingga 500 kantong darah, karena para pendonor masyarakat mayoritas sedang berpuasa," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengantisipasi menggalakkan program jemput bola tersebut agar tidak kekurangan karena sifatnya fluktuatif kemungkinan ada 300 kantong darah sejak sebelum Ramadhan dilakukan.

Langkah jemput bola dari pendonor darah yang beragama non-Islam dilakukan PMI seperti mendatangi sejumlah tempat ibadah gereja hingga vihara.

"Langkah itu kami sangat terbantu melalui saudara non Islam dan setiap Sabtu dan Minggu pasti kami jemput bola kami datangi," katanya pula.

Kemudian dalam rangka menjelang mudik, PMI Kota Palembang akan menggelar kegiatan donor darah bertepatan pada 5-7 April 2024.

"Kami mengharapkan antusiasme warga untuk ikut donor darah guna mengamankan stok selama Ramadhan ini," tutupnya.