Orang dengan satu ginjal masih punya harapan hidup normal

id donor ginjal,fungsi ginjal,hidup dengan satu ginjal,efek samping donor ginjal,ginjal kronik,penyakit ginjal,kesehatan gi,berita palembang, berita sums

Orang dengan satu ginjal masih punya harapan hidup normal

Operasi transplantasi ginjal pertama yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar (RSWS) dengan pendampingan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). (ANTARA/HO-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, FINASIM mengatakan orang dengan satu ginjal dapat hidup normal, meski dengan catatan.

“Orang dengan satu ginjal yang sehat bisa hidup seperti orang normal, namun, memang jelas, ya, karena (jumlah) ginjal tadinya dua, tinggal satu, akan terjadi penurunan (fungsi ginjal),” kata Pringgodigdo pada gelar wicara daring, Senin.

Banyak orang yang hanya memiliki satu ginjal, seperti pendonor yang memberikan satu ginjalnya kepada orang yang membutuhkan, orang dengan satu ginjal karena bawaan lahir, atau operasi pengangkatan ginjal karena kondisi medis.
 

Pringgodigdo mengatakan orang dengan satu ginjal akan mengalami penurunan fungsi ginjal, umumnya menjadi sekitar 50 persen. Meski hanya separuhnya, orang dengan satu ginjal masih dapat hidup dan beraktivitas seperti biasa dengan normal.

Menurut dia ginjal yang tersisa akan secara otomatis memberikan kompensasi pada tubuh dan akan meningkatkan fungsinya di atas 50 persen.