Perlu diwaspadai, ini tanda-tanda penyakit ginjal

id tanda penyakit ginjal,gejala sakit ginjal,hari ginjal sedunia

Perlu diwaspadai, ini tanda-tanda penyakit ginjal

Petugas memeriksa pasien yang menjalani terapi cuci darah di Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang, Jawa Timur. Terapi cuci darah dilakukan pada pasien yang fungsi ginjalnya terganggu. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH menyampaikan tanda-tanda penyakit ginjal tahap lanjut yang perlu diwaspadai pada orang berusia muda, seperti kaki bengkak, perut buncit, mual, dan muntah.

"Kalau berkurang menjadi 10 persen fungsi pembuangan toksin, terjadi penumpukan cairan, bisa ke kaki jadi bengkak, ke perut jadi buncit. Kalau toksinnya menumpuk, awalnya mulai mual, muntah, sampe penurunan sel darah," katanya dalam konferensi pers mengenai peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024 di Jakarta, Rabu.

Ketua Umum Perhimpunan Neurologi Indonesia itu mengatakan, orang yang sakit ginjal sebagian besar tidak merasakan gejala pada tahap awal, karena daya cadang ginjal sampai empat kali dari kebutuhan normalnya.