Uji coba bios 44 di Maluku berhasil

id Bios 44,produksi perikanan,tanaman pangan,Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo,berita palembang

Uji coba bios 44 di Maluku berhasil

Tanaman yang menggunakan bios 44. (ANTARA Sumsel/Ist)

Pelembang (ANTARA News Sumsel) - Uji coba Bios 44 di Maluku yang dikembangkan Korem Garuda Dempo telah menunjukan hasil yang positif karena produksi perikanan dan tanaman pangan meningkat. 

Bios 44 telah diuji coba di kolam ikan dan tanaman di daerah sehingga produksi meningkat, kata Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo melalui Kepala Seksi Operasi Korem 044/Gapo Mayor Inf Andik Siswanto di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan cairan Bios 44 pada jajaran Kodam XXVI/Pattimura beberapa waktu lalu seperti pada budidaya ikan dan pertanian ternyata sudah membuahkan hasil.

Beberapa waktu lalu pihaknya melakukan ujicoba cairan Bios 44 pada keramba ikan Waiheru Ambon Maluku dan ikan lebih agresif dan nafsu makan bertambah.
Selain itu pertumbuhan ikan lebih baik dan cepat serta tahan tehadap kondisi alam sehingga tahan terhadap berbagai penyakit.

Sedangkan kolam yang tidak diberi Bios 44 nafsu makan ikan kurang dan tidak agresif, pertumbuhan ikan lambat dan mudah terserang bakteri atau penyakit.

Sementara itu uji coba Bios 44 pada tanaman yang ada di Markas Yonif Raider 733/Msk, Ambon, Maluku dengan hasil tanaman yang tadinya kering menjadi tumbuh tunas baru, tumbuhnya menjadi segar serta memiliki daun lebih hijau dan tebal.

Dengan hasil uji coba penggunaan Bios 44 pada kolam ikan dan tanaman tersebut, membuktikan bahwa cairan yang semula inovasi untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan khususnya lahan gambut di wilayah Sumatera Selatan, kini digunakan untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, perikanan dan perkebunan.

Dengan hasil yang cukup menggembirakan itu maka Bios 44 akan terus dikembangkan di wilayah Kodam XVI/Pattimura, ujar dia.

Pengembangan Bios 44 di wilayah Kodam XVI/Pattimura dimulai dengan membuat formulasi Bios 44 yang dikembangkan di Makorem 151/Binaiya Ambon Maluku dan di Mako Yonif Raider 733/Msk.

Dia mengatakan, Bios 44 itu jug nantinya akan diberikan kepada masyarakat dalam mengembangkan budidaya ikan dan tanaman padi dan perkebunan.