Menteri BUMN prioritas selesaikan proyek nasional

id rini soemarno, menteri bumn, pembangunan, infrastruktur, desa tertinggal, pemerintahan pusat

Menteri BUMN prioritas selesaikan proyek nasional

Menteri BUMN Tinjau LRT Palembang Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) mendengarkan penjelasan Direktur PT Waskita Karya (Persero). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17) ()

Lebak (ANTARA Sumsel) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pihaknya memprioritas menyelesaikan proyek nasional guna mendukung percepatan pembangunan.

"Kami tentu mengutamakan penyelesaian proyek-proyek nasional dengan waktu satu tahun lebih Kabinet Kerja Jokowi-JK itu," kata Rini Soemarno saat peresmian jembatan gantung di Desa Bale Punah Kabupaten Lebak, Jumat.

Pemerintah Jokowi-JK bekerja keras untuk pembangunan infrastuktur agar terwujud  pemerataan ekonomi nasional yang dimulai dari pinggiran.

Pembangunan infrastuktur itu menjadikan fokus utama Kabinet Jokowi-JK, diantaranya jalan tol, tol laut, bandara, waduk, reaktivasi jalur kereta api, pelabuhan dan bandara.

BUMN bekerja keras untuk menyelesaikan proyek nasional dan akhir Juni 2018 ruas jalan tol Bukakung-Palembang sudah tersambung.

Pembangunan jalan tol Bukakung-Palembang akan dimanfaatkan Asian Games.

Begitu juga akhir tahun 2018 tersambung jalan tol Merak-Purbalingga dan tahun 2019 tersambung hingga Banyuwangi.

Pembangunan infrastuktur di Kalimantan dengan membangun jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Selain itu juga menyelesaikan pembangunan 19 pelabuhan,termasuk Pelabuhan Gilimas dan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara.

Selain itu juga membangun infrastuktur bandara lebih dari 20 bandara,termasuk bandara kecil diperluas agar bisa menampung pesawat besar.

Selanjutnya, kata dia, pembangunan Waduk Karian yang juga lokasinya di Kabupaten Lebak ditargetkan selesai tahun 2019.

"Semua pembangunan infrastuktur itu untuk mewujudkan pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia," katanya menjelaskan.

Menurut dia, BUMN terus mendorong agar pertumbuhan ekonomi arus bawah meningkat sehingga kehidupan masyarakat lebih sejahtera.

Selain itu juga pencapaian indeks pembangunan manusia (IPM) terus ditingkatkan pada bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Karena itu, kegiatan CSR perusahaan BUMN diprioritaskan di daerah-daerah, termasuk pembangunan jembatan gantung di Kabupaten Lebak.

BUMN juga melakukan pembinaan kepada kelompok usaha masyarakat juga menyalurkan penguatan modal bagi UKM.
   
"Kami berharap BUMN makin sehat juga mendapat kepercayaan masyarakat guna membangun Indonesia yang lebih baik," katanya.