Menkumham akan serahkan penghargaan Anubhawa di Sumsel

id menkum ham, menteri hukum dan ham

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly dijadwalkan menyerahkan penghargaan Anubhawa Sasana Desa atau pembina sadar hukum kepada beberapa bupati dan wali kota di Sumatera Selatan.

Penghargaan Pembina Desa Sadar Hukum itu akan diserahkan Menteri Hukum dan HAM di Palembang pertengahan Desember 2015, kata Kepala Biro Hukum dan HAM Provinsi Sumsel, Ardani di Palembang, Jumat.

Menurut dia, penghargaan tersebut akan diserakan antara lain kepada Wali Kota Lubuklinggau, Prabumulih, Bupati Muaraenim dan Ogan Komering Ulu Timur, karena dinilai telah berhasil membina desanya terutama masyarakat taat akan hukum.

"Jadi bila suatu desa masyarakatnya sadar hukum, maka kepala daerahnya juga akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat", katanya.

Ini berarti bukan saja desanya yang mendapat penghargaan, tetapi pembinanya yakni kepala daerah, kata dia.

Dia mengatakan, desa sadar hukum bisa tercipta atas dukungan bersama terutama kepala daerah dalam melakukan pembinaan.

Selain itu, lanjut dia, kepala desa yang daerahnya masuk sadar hukum akan mendapatkan piagam dan medali dari pemerintah untuk memotivasi desa lainnya supaya sadar akan hukum.

Ia menambahkan, pemberian penghargaan tersebut menteri akan di dampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin serta pejabat lainnya.