Kemenkumham Sumsel koordinasi dengan pemda pertahankan KKPHAM

id Kemenkumham Sumsel, koordinasi, pemda, pertahankan, capaian, predikat KKPHAM,kabupaten kota peduli ham, ham, hak asasi

Kemenkumham Sumsel  koordinasi dengan pemda pertahankan KKPHAM

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya. ANTARA/Yudi Abdullah/24.

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) di 17 kabupaten dan kota untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian predikat kabupaten kota peduli hak asasi manusia (KKPHAM).

"Tim Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mulai Februari 2024 ini gencar melakukan koordinasi dengan 17 pemerintah kabupaten/kota untuk mendorong mempertahankan predikat KKPHAM pada tahun ini dan meraih predikat tersebut bagi yang belum," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, pada 2023 terdapat 12 kabupaten/kota di Sumsel meraih predikat dan penghargaan sebagai kabupaten/kota peduli HAM sedangkan lima daerah lainnya yang belum meraih predikat tersebut terus dibina agar meraih penghargaan itu pada 2024 ini.

"Daerah yang telah meraih predikat KKPHAM didorong untuk mempertahankan prestasi tersebut, sedangkan yang belum terus dibina agar tahun ini bisa meraih predikat tersebut," ujarnya.

Lima daerah yang dibina untuk meraih penghargaan kabupaten/kota peduli HAM pada 2024 ini yakni Kota Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Musirawas Utara, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Empat Lawang.