Dinas Koperasi Sumsel bina ribuan koperasi untuk kembangkan multi usaha

id Dinas Koperasi, diskop umk sumdel, umk, koperasi, bina, pembinaan, kembangkan multi usaha, multi usaha

Dinas Koperasi Sumsel bina ribuan koperasi untuk kembangkan multi usaha

Kadiskop dan UMK Sumsel Amiruddin. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumatera Selatan terus membina ribuan koperasi dan pelaku UKM di provinsi setempat mengembangkan multi usaha.

"Selama ini koperasi dan UMK fokus pada satu atau dua kegiatan usaha, melihat kondisi ini perlu dibina dan didorong multi usaha atau mengembangkan banyak usaha," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Amiruddin, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan berbagai strategi dan kegiatan pembinaan yang dapat mendorong puluhan ribu koperasi dan UKM bangkit.

"Pengaruh kondisi ekonomi yang kurang bagus beberapa tahun terakhir banyak kegiatan usaha terpuruk, untuk itu perlu didorong kembali bangkit bahkan berkembang dengan melalukan multi usaha," ujarnya.

Sesuai arahan pimpinan, pihaknya menyiapkan sejumlah program pembinaan yang dapat memberdayakan koperasi dan UMK yang tersebar di 17 kabupaten/kota dalam provinsi setempat.

Selain program pembinaan, pihaknya juga berupaya mendorong pengurus koperasi dan pelaku UMK melakukan pengembangan kegiatan usaha untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, katanya.

Sementara khusus pengembangan koperasi, dia menjelaskan, sesuai UU No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dijelaskan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip ekonomi kerakyatan yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Koperasi bertujuan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi anggotanya, sumber logistik organisasi, serta melakukan sinergi dan pemberdayaan UMKM.

Selain itu, koperasi sebagai salah satu soko guru ekonomi Indonesia harus terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman agar bisa mensejahterakan anggotanya.

Berdasarkan hal itu, pihaknya terus berupaya memberdayakan koperasi yang aktif menjalankan berbagai kegiatan usaha yang bisa memberikan keuntungan besar untuk pengembangan usaha dan meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota, jelas Kadiskop dan UMK Amiruddin.