CAJ: Pendirian CAJET kembalikan kejayaan Sriwijaya

id cajet sriwijaya, konfederasi wartawan asen, kejayaan sriwijaya, Akhmad Kusaeni

CAJ: Pendirian CAJET kembalikan kejayaan Sriwijaya

Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) Akhmad Kusaeni (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

.....Dulu, Palembang merupakan ibu kota kerajaan Sriwijaya yang pengaruhnya sampai ke seluruh Asia Tenggara....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) Akhmad Kusaeni mengatakan pendirian Pusat Pendidikan dan Pelatihan Wartawan ASEAN (CAJET) di Palembang akan mengembalikan kejayaan Sriwijaya di masa lalu.

"Dulu, Palembang merupakan ibu kota kerajaan Sriwijaya yang pengaruhnya sampai ke seluruh Asia Tenggara. Dengan mendirikan CAJET di Palembang, Alex Noerdin mengembalikan kejayaan Sriwijaya di masa depan," kata Akhmad Kusaeni saat pembukaan workshop CAJ di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan pendirian CAJET di Palembang tidak bisa lepas dari peran Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yan menyediakan tempat dan bersedia membangun pusat pendidikan dan pelatihan tersebut di Jakabaring, Palembang.

Menurut Kusaeni, pendirian CAJET di Indonesia merupakan rekomendasi Sidang Umum CAJ di Manila pada November 2013. Pada sidang umum tersebut disepakati bahwa Sekretariat Tetap CAJ yang dijabat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan mendirikan CAJET di Palembang.

"CAJET untuk mengembangkan profesionalisme wartawan di ASEAN. Pusat pendidikan dan pelatihan itu diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat perayaan Hari Pers Nasional di Bengkulu pada Minggu (9/2)," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PWI Henry Bangun yang membacakan sambutan Ketua Umum PWI Margiono mengatakan workshop CAJ di Palembang merupakan bagian dari program perdana CAJET.

"Workshop ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang juga menyediakan tempat untuk pembangunan CAJET," kata Henry.

Menurut Henry, CAJET yang merupakan mandat dari Deklarasi Manila akan mengembangkan profesionalisme wartawan untuk kepentingan nasional dan berperan bagi ASEAN, khususnya dalam mempromosikan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

"Karena itu, Palembang akan menjadi salah satu kota terpenting bagi pengembangan profesionalisme wartawan di ASEAN," ujarnya.