Mahasiswa UBD Palembang dukung gernas keselamatan berlalu lintas

id mahasiswa ubd, ubd, radio komunitas, gernas, pelopor keselamatan berlalu lintas

Mahasiswa UBD Palembang dukung gernas keselamatan berlalu lintas

Pencanangan Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan Deklarasi "Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas" di Palembang, Minggu (26/1). (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Lembaga penyiaran yang dikenal dengan B-Radio itu sudah cukup lama berpartisipasi mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas kepada mahasiswa dan masyarakat umum...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang mendukung "Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas" tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang dicanangkan di pelataran objek wisata Benteng Kuto Besak Palembang, Minggu (26/1).

Untuk mendukung kegiatan itu, 100 anggota Komunitas Mahasiswa Cinta Tertib Lalu Lintas (MCTL) binaan Lembaga Penyiaran Komunitas Universitas Bina Darma Palembang akan mengikuti deklarasi "Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas", kata Pembina Komunitas MCTL Norma Liathy Fitri, di Palembang, Sabtu.

Ia menjelaskan, lembaga penyiaran yang dikenal dengan B-Radio itu sudah cukup lama berpartisipasi mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas kepada mahasiswa dan masyarakat umum melalui siaran radio yang bisa didengarkan di frekuensi 107,7 FM.

"Kami telah memiliki program sosialisasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) sejak tahun 2007 dengan nama `Police Goes To Campus`, yang secara rutin mendatangkan polisi lalu lintas dari Ditlantas Polda Sumsel sebagai nara sumber di studio," ujar Norma.

Melalui gerakan nasional tersebut diharapkan kemitraan yang telah terjalin baik dengan pihak Ditlantas Polda Sumsel bisa semakin erat dan lebih banyak lagi kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam hal kampanye keselamatan berlalu lintas serta pembinaan kedisiplinan berlalu lintas terhadap mahasiswa dan generasi muda secara umum.

"Kegiatan kampanye dan pembinaan kedisiplinan berlalu lintas kalangan generasi muda perlu digalakkan karena berdasarkan data kasus kecelakaan lalu lintas di Sumsel dan secara nasional didominasi melibatkan kalangan muda seperti pelajar, dan mahasiswa," kata Norma.

Sebelumnya Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan AKBP Nelson Purba mengatakan, pencanangan "Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas" di Palembang akan dilakukan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

"Pencanangan gerakan nasional tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Tanah Air, untuk tingkat pusat di Jakarta akan dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan di tingkat provinsi oleh gubernur," kata Nelson.

Menurut dia, selain pencanangan gerakan nasional tersebut, pada kesempatan itu juga dilakukan deklarasi "Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas" yang rencananya di tingkat pusat dipimpin oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono sedangkan di tingkat Provinsi Sumsel dipimpin oleh istri gubernur Eliza Alex Noerdin.

Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan deklarasi "Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas" akan diikuti sekitar 6.000 orang yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, anggota komunitas kendaraan bermotor, dan kelompok masyarakat lainnya yang bersepakat mendukung terciptanya lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar.