Usaha kesehatan sekolah perlu ditingkatkan

id uks, usaha kesehatan sekolah, tingkatkan, motivasi

Usaha kesehatan sekolah perlu ditingkatkan

Ilustrasi - Aktivitas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (FOTO ANTARA)

...Dengan meningkatkan kepedulian kesehatan di sekolah dapat menghindarkan para siswa dari berbagai macam ancaman gangguan kesehatan...
Kalianda, Lampung (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung berupaya meningkatkan usaha kesehatan sekolah sebagai upaya merangsang tumbuhnya motivasi dan kepedulian terhadap pentingnya kesehatan di masyarakat.
        
"Dengan meningkatkan kepedulian kesehatan di sekolah dapat menghindarkan para siswa dari berbagai macam ancaman gangguan kesehatan," kata Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP di Kalianda, Rabu.
        
Ia mengatakan, di daerah ini masih banyak sekali sekolah yang belum terlepas dari gangguan kesehatan, mulai dari lingkungan yang kurang bersih dan banyaknya jajanan yang kurang sehat di lingkungan sekolah serta perilaku anak-anak yang kurang menunjang kesehatan.
        
Menurutnya, lingkungan sekolah yang kurang bersih berpotensi menimbulkan penyakit seperti demam berdarah, filariasis dan muntaber serta makanan yang tidak higienis.
        
"Musim hujan saat ini sangat berpotensi menimbulkan berbagai gangguan kesehatan sehingga perlu diantisipasi sejak dini melalui menjaga kesehatan,' kata dia.
        
Kemudian, untuk mencegahnya perlu meningkatkan usaha-usahan kesehatan sekolah (UKS) untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat serta pelayanan kesehatan yanag memadai terhadap para siswa dan pemberian tambahan pengetahuan wawasan kesehatan pada para siswa itu.
        
"Orang tua siswa juga harus ikut mendukung kegiatan kesehatan sekolah agar terlaksana dengan baik," tambah dia lagi.