Sumsel akan miliki sarana transportasi modern

id lrt, Joko Imam Sentosa, transportasi modern, transportasi, kereta api ringan

Sumsel akan miliki sarana transportasi modern

Progres Pembangunan LRT Palembang P.(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/)

Palembang (Antarasumsel.com) - Sumatera Selatan akan memiliki sarana transportasi modern dan saat ini sedang dibangun jalur kereta api ringan atau Light Rail Transportation.

"Kereta api listrik memang pertama di Indonesia sehingga itu cukup mendukung transportasi dalam kota metropolitan," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa di Palembang, Jumat.

Menurut dia, setelah jalur kereta api ringan itu selesai maka sarana transportasi di daerah ini cukup lengkap karena sudah ada angkutan darat, udara dan laut termasuk kereta listrik.

Selain itu, tambahnya, Sumsel juga akan memiliki jalan tol yang cukup efektif dalam memperlancar arus lalu lintas di daerah tersebut.

"Sarana transportasi Sumsel nantinya akan lebih modern dibanding provinsi lainnya karena akan memiliki kereta listrik dan terlengkap," kata dia.

Mengenai sarana yang sedang dibangun, dia mengatakan, kesemuanya untuk menunjang kelancaran Asian games 2018.

"Sumsel akan menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional sehingga arus lalu lintas tidak boleh mengalami kemacetan," kata dia.

Sehubungan itu Pemerintah Pusat membangun berbagai fasilitas pendukung dalam memperlancar pesta olahraga akbar mendatang yang salah satunya kereta api ringan dan jalan tol.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pihaknya rutin melaksanakan rapat koordinasi untuk melihat perkembangan pembangunan infrastruktur tersebut.

Jadi bila ada hambatan akan dicarikan jalan keluarnya karena infrastruktur pendukung Asian Games harus selesai tepat waktu, tambah dia.