Pelaksanaan pembangunan kawasan ekonomi khusus Sumsel dipercepat

id sekda sumsel, mukti sulaiman, kawasan ekonomi khusus, tanjung api api, kek taa

Pelaksanaan pembangunan kawasan ekonomi khusus Sumsel dipercepat

Aktifitas di pelabuhan penyeberangan Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin. (Foto Antarasumsel.com/ Evan Ervani/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman minta agar pelaksanaan pembangunan kawasan ekonomi khusus di lokasi pelabuhan laut Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin dipercepat.

Bila ada kendala segera dilaporkan dan diselesaikan, kata Sekda saat memimpin rapat percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, kawasan ekonomi khusus di lokasi pelabuhan laut Tanjung Api-Api sebagai penggerak perekonomian daerah sehingga perlu dimaksimalkan.

Jadi bila ada permasalahan segera laporkan dan lakukan koordinasi sehingga pembangunan kawasan tersebut cepat diselesaikan, ujar dia.

Oleh karena itu melalui rapat koordinasi ini akan didapat permasalahan yang dihadapi sekaligus diselesaikan dengan baik, kata dia.

Menurut dia, kawasan ekonomi khusus merupakan salah satu program prioritas yang pembangunannya dilaksanakan secara bertahap.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Permana mengatakan, pada kawasan ekonomi khusus itu antara lain akan dibangun berbagai industri besar dan kecil.

Selain itu juga direncanakan pelaksanaan hilirisasi produk unggulan yang ada di daerah ini, kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa ada investor yang melakukan kerja sama dalam mengembangkan kawasan ekonomi khusus tersebut.

Bahkan investor asing juga akan mengembangkan kawasan tersebut karena telah melakukan peninjauan ke lokasi, katanya. (U005)