Dinkes PALI adakan operasi katarak warga kurang mampu

id operasi katarak, dinkes pali, pemkab penukal abab lematang ilir, operasi katarak gratis

Dinkes PALI adakan operasi katarak warga kurang mampu

Pasien katarak tengah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mengikuti operasi di RSUD Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumsel, Sabtu (21/5) (Foto Antarasumsel.com/Banu Sungkowo/16)

Penukal Abab, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan setempat akan mengadakan operasi katarak bagi 100 warga yang kurang mampu di daerah itu sebagai upaya mencegah kebutaan terhadap masyarakat penderita katarak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), dr Eni Zatilah di Pali, Sabtu, mengatakan program rutin operasi katarak ini sudah dilakukan sejak 2014 hingga sekarang ini yang akan diselenggarakan Minggu (22/5).

Program operasi katarak ini didukung 17 orang tim dari Persatuan Dokter Ahli Mata (Perdami) Cabang Palembang, lima tenaga spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Palembang, empat orang spesialis mata dan satu orang dokter umum.

"Selama tiga tahun program rutin Dinkes ini terus ada peningkatan jumlah pasien katarak, masing-masing pada tahun 2014 terdapat 60 pasien yang ikut operasi katarak, tahun 2015 meningkat jadi 80 orang, tahun 2016 target kita maksimal 100 orang pasien," kata dr Eni.

Ia mengatakan, selain operasi katarak juga akan mengadakan operasi bibir sumbing yang telah berjalan sejak dua tahun lalu.

Sementara, ciri penderita penyakit katarak memiliki tanda seperti penglihatan mata terus kabur, berawan atau berkabut.

Setiap pasien yang akan dioperasi katarak diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis guna memastikan apakah pasien menderita katarak atau penyakit mata lainnya.

"Pasien katarak tidak melihat jenjang usia, bisa saja usia muda terkena katarak, makanya kami selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menjaga hidup bersih dan sehat," katanya.

Pelaksanaan kegiatan operasi katarak dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali pada Minggu (22/5).

Pasien katarak yang akan dioperasi itu rata-rata berasal dari lima kecamatan di Pali, antara lain Kecamatan Tanah Abang sebanyak 45 orang mendaftar dan dari Kecamatan Talang Ubi 30 orang pasien sudah mendaftar.

Salah satu pasien penyakit katarak Saniyam (62) berasal dari Kecamatan Tanah Abang membenarkan bahwa dirinya mengikuti operasi katarak di RSUD Talang Ubi Pali, karena matanya mengalami kabur jika melihat.

Ketua pelaksana operasi, dr Desi mengatakan dengan adanya program operasi katarak dan bibir sumbing ini dapat membantu pasien katarak untuk sehat kembali penglihatanya dan program ini diharapkan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.