877 pedagang mendapat prioritas tempati Pasar Cinde

id pasar cinde, pedagang, pembangunan, infrastruktur, pansus ii dprd sumsel, dprd sumsel

877 pedagang mendapat prioritas tempati Pasar Cinde

Ilustrasi - Seorang pedagang daging menanti pembeli di Pasar Cinde Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Juru bicara Panitia Khusus II DPRD Sumatera Selatan Agus Sutikno mengatakan sebanyak 877 pedagang lama harus menjadi prioritas untuk menempati kembali Pasar Cinde setelah selesai dibangun atau pada waktu penyerahan bangunan awal.

"Sebanyak 877 pedagang itu terdiri atas 466 petak dan 411 los di Pasar Cinde itu harus menjadi prioritas," kata Agus Sutikno di Palembang, Senin sehubungan dengan rancangan perjanjian kerja sama bangun guna serah (BGS) pembangunan kawasan pasar modern Pasar Cinde antara Pemprov Sumsel dan PT Magna Beatum.

Ia mengatakan relokasi pedagang lama dilakukan sebelum dimulainya pembangunan. Mereka ditempatkan layak berdagang serta lokasi sementara tersebut tidak terlalu jauh dari Pasar Cinde dengan biaya yang terjangkau.

Mengingat jumlah pedagang lama yang terdata dan tercatat pada PD Pasar Jaya Palembang sebanyak 877 pedagang, maka Pansus II berketetapan untuk dapat menampung para pedagang lama tersebut dengan kewajiban awal penyerahan luas lantai adalah 15 persen dari luas bangunan yang dibangun, ujarnya.

Sementara khusus untuk pengelolaan perparkiran dengan komposisi pembagian hasil adalah 55 persen Pemprov dan 45 persen investor.

Jangka waktu perjanjian kerja sama bangun guna serah itu adalah 29 tahun terhitung sejak ditandatangani kontrak dan dilakukan evaluasi maksimal tiga tahun sekali dengan melibatkan DPRD Sumsel.

Jadi, Pansus II DPRD Sumsel sependapat dan menyetujui dengan catatan terhadap rancangan perjanjian kerja sama bangun guna serah (BGS) pembangunan kawasan Pasar modern Cinde antara Pemprov Sumsel dengan PT Magna Beatum, katanya.