Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

id pemkot palembang, palembang, layanan kesehatan, rsud, puskesmas

Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan sehingga masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan itu ke depan lebih terjamin kesehatannya.

"Peningkatan pelayanan kesehatan itu dilakukan antara lain dengan menambah peralatan modern dan fasilitas pendukung yang memadai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di setiap kecamatan, kata Asisten I Pemkot Palembang Harobin Mustofa, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, dengan satu RSUD dan 16 Puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan yang didukung peralatan memadai serta memiliki tenaga medis yang dapat diandalkan, pelayanan kesehatan masyarakat di kota ini sudah cukup baik.

Masyarakat yang membutuhkan penanganan medis tingkat sedang cukup di Puskesmas saja, padahal beberapa tahun lalu masih harus ke rumah sakit umum daerah atau rumah sakit umum pusat, katanya.

Dia menjelaskan, sebelum fasilitas pelayanan kesehatan seperti kondisi sekarang ini, Puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional Puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati pengunjung yang menggunakan sepeda motor dan mobil.

Dengan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di Bumi Sriwijaya ini, diharapkan ke depan pelayanan kesehatan bisa lebih baik lagi dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.

Selain itu diharapkan pula dapat meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kesehatan dan untuk memeriksakan diri secara rutin ke unit pelayanan kesehatan sebelum mengalami gangguan kesehatan yang parah, kata Harobin.