PTBA raih Proper Emas ketiga kalinya

id ptba, proper emas

PTBA raih Proper Emas ketiga kalinya

PTBA raih penghargaan Proper Emas tiga kali (Foto antarasumsel.com/Banu S)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - PT Bukit Asam (Persero) Tbk meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan atau PROPER Peringkat Emas berturut-turut untuk ketiga kalinya.

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla kepada Direktur Utama PTBA Milawarma di Jakarta, pada 21 Desember lalu, kata Milawarma melalui sekretaris perusahaan Joko Pramono di Tanjungenim, Kamis.

. Menurut dia, penganugerahan PROPER Emas tahun 2015 merupakan satu-satunya yang diterima oleh perusahaan pertambangan.

Menurut Milawarma, PTBA telah menerima PROPER Emas sejak tahun 2013 karena sudah melaksanakan kewajibannya dalam pengelolaan lingkungan hidup melebihi dari regulasi diterbitkan pemerintah.

PTBA sebagai satu-satunya perusahaan yang menerima PROPER EMAS dari sektor pertambangan, panitia juga menetapkan 11 perusahaan dari sektor lainnya.

Ditambahkan Joko, semua yang mendapat peringkat Emas ini merupakan hasil seleksi dari 2.137 perusahaan sudah masuk dalam kategori penilaian secara nasional.

Selain peringkat Emas sebagai penghargaan tertinggi, penilaian juga diberikan dalam peringkat Hijau, peringkat Biru, peringkat Hitam, dan peringkat Merah.

Dijelaskannya, penilaian panitia PROPER meliputi kinerja perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keaneka-ragaman hayati, 3-R (Reduce/Mengurangi, Reuse/Pakai Ulang dan Recycle/Daur Ulang) limbah B-3 dan limbah padat non-B-3, serta mengurangi kesenjangan sosial melalui penerapan program pemberdayaan masyarakat.

Untuk pemberdayaan bagi masyarakat sekitar, PTBA memberikan pembinaan dan bimbingan berkelanjutan bagi masyarakat melalui pengembangan Sentra Industri.

Sementara, dari hasil pembinaan itu, masyarakat sekitar sudah mampu menghasilkan produk-produk dibutuhkan PTBA, seperti berbagai suku cadang peralatan tambang yang selama ini didatangkan dari luar wilayah bahkan ada dari luar negeri.

Ia menambahkan, potensi yang dimiliki mitra binaan PTBA ini sudah berkembang dengan sangat baik dan sudah berhasil menjalin sinergi positif dengan PTBA, yakni membeli barang berkualitas baik dan harga wajar serta ketersediaan barangnya secara cepat.

Sesuai dengan pertumbuhan potensi yang dimiliki, kini masyarakat binaan PTBA ini sudah dilatih menggunakan teknologi e-prog, sehingga mereka berpeluang mengembangkan pasarnya ke perusahaan-perusahaan lain, katanya.

Sebelumnya, PTBA juga mendapat tempat teratas dengan peringkat A dari Morgan Stanley Capital International Research Inc, sebuah lembaga kajian terkemuka dari Amerika Serikat terhadap perusahaan pertambangan terkemuka di dunia, seperti BHP Billiton Limited, BHP Billiton Plc., Rio Tinto, Coal India Limited, dan Freeport-Mc Morran Inc.

Kajian terhadap perusahaan meliputi penanganan oleh masing-masing perusahaan terhadap emisi limbah dan racun, keaneka-ragaman hayati dan pemanfaatan lahan, emissi carbon, pelayanan tenaga kerja, dan masalah GCG atau Tata Kelola Perusahaan yang baik"tutup Joko.