Alex: bidang transportasi bakal jadi keunggulan Sumsel

id gubernur sumsel, alex noerdin, pembangunan, infrastruktur, komplek olahraga jakabaring, jakabaring

Alex: bidang transportasi bakal jadi keunggulan Sumsel

Kawasan Kompleks Olahraga Jakabaring (ANTARA FOTO)

....Atlet tidak perlu lagi dimobilisasi, karena sudah berada satu kompleks dengan arena pertandingannya di Kompleks Olahraga Jakabaring....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Bidang transportasi bakal menjadi keunggulan Sumatera Selatan jika dibandingkan dengan DKI Jakarta ketika menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

"Atlet tidak perlu lagi dimobilisasi, karena sudah berada satu kompleks dengan arena pertandingannya di Kompleks Olahraga Jakabaring. Beda dengan Jakarta, bagaimana memobilisasi atlet dari Wisma Atlet ke arena pertandingan ? karena Jakarta dihadapkan persoalan macet," kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan, Sumsel sangat percaya diri menggelar Asian Games karena sejumlah infrastruktur penunjang akan mulai dibangun pada 2016, di antaranya, jalan tol, Jembatan Musi IV, Jembatan Musi IV, yakni Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jembatan layang, under pas, perluasan bandara, dan rumah sakit internasional.

Selain itu, terdapat mega proyek jalur kereta api ringan (LRT) yakni membangun 14 tempat pemberhentian (stasiun) dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga ke Jakabaring (tempat keberadaan Kompleks Olahraga Jakabaring).

"Sumsel sedang fokus pada pembangunan infrastruktur, sedangkan untuk pelaksanaan pertandingan bisa dikatakan tinggal perbaikan dan renovasi arena saja. Sedangkan, tambahan tiga tower wisma atlet dipastikan rampung akhir tahun ini, lalu dilanjutkan lima tower lagi pada 2016," kata dia.

Ia menambahkan, lantaran perencanaan yang matang ini, Alex menyambut baik jika panitia tingkat pusat menambah cabang olahraga yang akan digelar di Sumsel.

"Hingga kini, Sumsel sudah dipercaya 15 cabang olahraga. Harapannya ada tambahan, terutama dari cabang olahraga bergengsi. Sumsel berharap ini segera diputuskan, karena terkait dengan persiapannya," kata dia.

Kota Palembang dan Jakarta dipercaya sebagai penyelenggara ajang olahraga paling bergengsi di Asia, Asian Games.

Berbagai persiapan gencar dilakukan Sumsel sejak 2015, salah satunya promosi dengan menggelar beragam kegiatan bertema road to Asian Games.