Sumsel akan rekrut 3.000 relawan Asian Games

id pemprov sumsel. asian games 2018, relawan, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin

Sumsel akan rekrut 3.000 relawan Asian Games

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

....Semua sumber daya akan dikerahkan, mulai dari anak-anak SD hingga mahasiswa. Intinya, Sumsel sangat serius dalam menyiapkan diri karena ini bukan hanya harga diri daerah tapi harga diri bangsa
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan merekrut sebanyak 3.000 relawan yang siap dipekerjakan pada Asian Games ke-18 tahun 2018 di Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Sabtu malam, seusai acara pelepasan seribu lampion untuk menandai penghitungan mundur pelaksanaan Asian Games, mengatakan, proses perekrutan ini akan berlangsung bertahap dan akan dimulai pada Desember 2015.

"Bukan hanya infrastruktur yang disiapkan Sumatera Selatan tapi juga Sumber Daya Manusianya. Khusus untuk relawan akan dilakukan training terkait etika dan perilaku hingga kemampuan berbahasa Inggris," kata Alex.

Ia mengatakan, penyiapan SDM ini tidak dapat disepelekan karena mereka yang menjadi tenaga penghubung langsung ke para tamu negara.

"Semua sumber daya akan dikerahkan, mulai dari anak-anak SD hingga mahasiswa. Intinya, Sumsel sangat serius dalam menyiapkan diri karena ini bukan hanya harga diri daerah tapi harga diri bangsa," kata dia.

Sejak diputuskan sebagai tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta, Sumsel terus berbenah untuk menjadi penyelenggara yang sukses teruma dalam pembangunan infrastruktur.

Menurut Alex, jadwal dan target setiap proyek infrastruktur sudah disusun dengan harapan pada enam bulan sebelum Asian Games sudah rampung seratus persen.

Alex mengatakan, ajang Asian Games ini merupakan pekerjaan besar bagi Sumatera Selatan karena terdapat beberapa pembangunan infrastruktur mega proyek.

Proyek itu, tiga ruas jalan tol, dua jembatan Musi yakni Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalur kereta api ringan (LRT) sejauh 24,5 km, beberapa underpass dan jembatan layang.

Selain itu, terdapat juga proyek infrastruktur penunjang di antaranya, rumah sakit bertaraf internasional, sarana dan prasarana air bersih dan listrik.

"Kesemuanya ini ditargetkan selesai pada enam bulan sebelum Asian Games, agar Pemerintah Kota Palembang dapat berbenah terkait dengan kebersihan kota," ujar mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Kota Palembang dan Jakarta dipercaya sebagai penyelenggara ajang olahraga paling bergengsi di Asia, Asian Games.

Berbagai persiapan gencar dilakukan Sumsel sejak 2015, salah satunya promosi dengan menggelar beragam kegiatan bertema road to Asian Games.