Muba sinergikan koperasi-UMKM bangun daerah

id musi banyuasin, koperasi, umkm, ikm, ukm, sekda muba, Sohan Majid

Muba sinergikan koperasi-UMKM bangun daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Musi Banyuasin (Muba) Sohan Majid (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

....Koperasi dan pelaku UMKM dapat mengelola harga jual suatu produk tertentu, sehingga dapat memberikan solusi terhadap lonjakan harga....
Musi Banyuasin, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya mensinergikan koperasi dengan usaha mikro kecil dan menengah untuk membangun perekonomian daerah yang lebih baik.

Keberadaan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus dapat mendorong dan memberikan sinergitas untuk membangun perekonomian di Bumi Serasan Sekate ini," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sohan Majid di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, pihaknya berharap keberadaan koperasi yang ada di Kabupaten Muba terutama Koperasi Unit Desa (KUD) yang tersebar di setiap kecamatan, memiliki kemampuan dalam memberikan solusi atau menyelesaikan kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Begitu juga dengan pelaku UMKM, keberadaanya dapat difungsikan untuk mengatasi gejolak harga kebutuhan pokok dengan penyesuaian kondisi yang terjadi di masyarakat.

Koperasi dan pelaku UMKM dapat mengelola harga jual suatu produk tertentu, sehingga dapat memberikan solusi terhadap lonjakan harga seperti kebutuhan pokok atau sembako yang bisa berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat," ujarnya.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Musi Banyuasin Agendel Azim mengatakan, koperasi dan UMKM di daerah ini diharapkan dapat membangun jaringan kerjasama usaha atau kemitraan yang lebih luas baik secara lokal, domestik maupun global antara koperasi dengan koperasi, UMKM dengan UMKM dan sebaliknya atau dengan badan usaha lainnya.

Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemanfaatan ekonomi anggota koperasi dengan pelaku UMKM atas dasar saling membutuhkan, saling menguntungkan, saling memperkuat dan membangun kebersamaan, kata dia pula.