Jokowi akan bawa investasi 20 miliar dolar AS

id presiden jokowi, jokowi, investasi, bawa investasi

Jokowi akan bawa investasi 20 miliar dolar AS

Presiden RI Joko Widodo (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

...Lebih dari 20 miliar dolar AS dari 19 perusahaan bermacam sektor yang akan dikerjasamakan...
Washington DC (ANTARA Sumsel) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan akan membawa pulang komitmen investasi lebih dari 20 miliar dolar AS dari kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS).
        
Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dalam jumpa persnya, di Blair House
Washington DC, Minggu malam, mengatakan soal ekonomi menjadi prioritas dalam kunjungan Presiden Jokowi ke AS.
        
"Lebih dari 20 miliar dolar AS dari 19 perusahaan bermacam sektor yang akan dikerjasamakan," katanya.
        
Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan dari sekian banyak deal business yang akan diumumkan atau ditandatangani, prosesnya sudah berjalan lama.
        
"Ada beberapa yang prosesnya sudah sangat lama, terutama yang non energi umumnya sudah cukup matang tinggal finalisasi. Kedatangan Presiden menjadi momentum bagi mereka," katanya.
        
Pada Senin (26/10) pukul 09.50 waktu setempat, Presiden Jokowi dan rombongan akan menuju Lee Dining Room, Blair House, untuk agenda One on One Business Meeting.
        
Suhu di luar ruangan diperkirakan akan berkisar 7-16 derajat celcius mengantarkan Presiden Jokowi untuk bertemu pengusaha AS di antaranya CEO Conoco Phillips Ryan Lance, Vice Chairman General Electric John Rice, CEO Millenium Challenge Corporatiob Dana Hydr, dan Executive VP Upstream Chevron James Johnson.
        
Selanjutnya dilakukan pengumuman dan penandatanganan business deals di Lee Anderson Room di antaranya yang akan diumumkan yakni antara Pertamina dengan Corpus Christie Liquefaction, ekspansi Phillip Morris, investasi Cargill, ekspansi Coca Cola di Bekasi dan Surabaya, Saka Energy dengan Swift Energy, PLN dengan General Electric, Universitas Udaya dengan SkyChaser Energy.
        
Sedangkan business deals yang akan ditandatangani yakni antara PT PLN dengan UPC Renewables, PT PLN dengan Caterpillar, PT PLN dengan General Electric, PT Indonesia Power dengan General Electric, PT Kereta Api dengan General Electric (LoI), Perum PERURI dengan Crane Currency, BNI Syariah dengan Master Card, Cikarang Listrindo dengan General Electric, Kilat Wahana Jenggala dengan Hubbell Power Systems, PT Pertamina dengan Bechtel Corporation, dan self-signing pembuatan fasilitas Cylinder Head Caterpillar.
        
Pada pukul 17.15 Presiden Jokowi akan menuju Kantor US Chamber of Commerce.
        
Saat tiba, Presiden akan disambut oleh Presiden US Chamber of Commerce Tom Donohue, Presiden US ASEAN Business Council Alex Feldman, dan Presiden UNISINDO Ambassador David Merril.
        
Pada pukul 18.00 Presiden RI mengadakan Business Roundtable Discussion dengan para pengusaha AS di Library Room Kantor US Chamber of Commerce.
        
Pertemuan itu dihadiri oleh perwakilan perusahaan AS yakni Nike, General Electric, ConocoPhillips, Phillip Morris International, Caterpillar, Chevron, Pfizer, Chapman Taylor, dan MetLife serta didampingi oleh US Chamber of Commerce, USINDO, dan USABC.
        
Acara selanjutnya resepsi oleh US Chamber of Commerce di Daniel Webster Room Kantor US Chamber of Commerce dilanjutkan dengan jamuan makan malam oleh US Chamber of Commerce untuk menghormati Presiden RI di Hall of Flags Kantor US Chamber of Commerce.
        
Pada kesempatan itu hadir 250 pengusaha dan pengambil kebijakan Indonesia dan Amerika Serikat