Dubai Port tinjau Pelabuhan laut TAA

id taa, pelabuhan taa

Dubai Port tinjau Pelabuhan laut TAA

Pelabuhan Tanjung Api Api (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pengusaha dari Dubai Port Authority Corporation akan meninjau pelabuhan dan kawasan industri di Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan, sebagai bakal lokasi investasi perusahaan asal Uni Emirat Arab tersebut.

Menteri ESDM Sudirman Said dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, mengatakan Dubai Port serius mengembangkan Pelabuhan Tanjung Api-Api beserta kawasan industrinya.

"Pada hari (Senin) ini, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah mempresentasikan rencana pengembangan Tanjung Api-Api kepada Dubai Port dan besok (Selasa, 13/10) serta lusa (Rabu, 14/10) mereka akan datang ke Sumsel untuk meninjau lokasi," katanya.

Ia berharap, kedatangan Dubai Port tersebut menghasilkan kesimpulan yang konkret sebagai persiapan ke tahapan selanjutnya.

Hadir pula dalam presentasi antara lain perwakilan Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, dan Bappenas.

Sudirman ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai ketua tim yang bertanggung jawab merealisasikan kerja sama investasi Timur Tengah di Indonesia.

Tim tersebut merupakan kelanjutan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Timur Tengah pada pertengahan September 2015.

"Tugas saya sebagai ketua tim menjembatani semua pihak dari waktu ke waktu agar terjadi komunikasi yang baik, saling tukar informasi, dan kemudian terealisasi investasinya," ujarnya.

Pengembangan Pelabuhan Tanjung Api-Api sudah direncanakan sejak lama, namun hingga kini belum terealisasi.

Pemerintah sudah merencanakan jalur kereta api dan jalan tol menuju kawasan pelabuhan dengan luas areal yang disiapkan sekitar 1.000 ha tersebut.

Dubai Port merupakan salah satu operator pelabuhan terbaik dunia.