Prajurit padamkan kebakaran kawasan Gunung Dempo

id kebakaran, kebakaran hutan dan lahan

Prajurit padamkan kebakaran kawasan Gunung Dempo

Kebakaran hutan dan lahan (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Prajurit TNI Angkatan Darat jajaran Kodim 0405 Kabupaten Lahat terus berupaya memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Pihaknya dibantu anggota Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat dalam memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo, kata Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Dedi S dalam siaran persnya diterima Antara di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang lokasi kebakaran sulit untuk dipadamkan karena medannya cukup berat, apalagi peralatan yang digunakan masih manual.

Namun, walaupun demikian jajarannya terus berupaya supaya kebakaran hutan tidak meluas, sampai api benar-benar padam.

Menurut dia, sekarang ini ada dua heli bom air yang terus membantu dari udara memadamkan titik api di wilayah yang terbakar, dengan harapan api segera padam.

Yang jelas, upaya terus dimaksimalkan dan sekarang ini sudah mulai dapat diatasi, ujar dia.

Sementara Gubernurr Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, setelah mendapat laporan kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo pihaknya mengirim heli untuk memadamkan api.

Memang, lanjut dia, setelah terjadi kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo, petugas pemadam dari TNI Angkatan Darat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat segera melakukan tindakan maksimal.

Namun, sehubungan angin cukup kencang maka kebakaran jadi mengarah ke perkebunan.

Selain itu kondisi geografis di puncak gunung juga sangat berbahaya, semantara untuk mendapatkan air jauh di bawah.

Meski demikian, dengan adanya bantuan darurat diharapkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo dapat dipadamkan dan tidak meluas, katanya.