Gubernur lepas jamaah Kloter pertama

id haji, calon haji

Gubernur lepas jamaah Kloter pertama

Persiapan jamaah kloter pertama (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin melepas pemberangkatan jamaah calon haji daerah itu untuk menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci.

Jamaah calon haji Sumsel berjumlah 447 orang termasuk petugas tersebut dilepas keberangkatannya oleh gubernur di asrama haji Palembang, Jumat.

Gubernur mengatakan, para jamaah supaya mensyukuri kesempatan berangkat ke Tanah Suci ini, karena tidak semua orang bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

Hal ini karena bila mendaftar tahun ini maka baru bisa berangkat lebih dari sepuluh tahun kemudian, katanya.

Ibadah haji memang membutuhkan kekuatan fisik sehingga jagalah kesehatan agar bisa menjalankan ibadah secara optimal selama di Tanah Suci.

Perbanyaklah minum air putih, kurangi kopi dan teh, kata Alex Noerdin mengingatkan para jamaah.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, Hambali mengatakan, jamaah kelompok terbang (Kloter) pertama merupakan jamaah asal Musi Banyuasin, Prabumulih dan Kota Pagaralam.

Kloter pertama yang berangkat hari ini berjumlah 442 orang ditambah lima orang petugas.

Sebelumnya Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Saefuddin mengatakan, sebenarnya jamaah calon haji daerah ini yang tergabung dalam kloter pertama ada 445 orang.

Namun, karena ada tiga mengalami sakit sehingga pemberangkatannya ditunda pada kloter berikutnya.

Sementara informasi dari Kasubag Humas Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Saefudin sebelumnya menyebutkan bahwa total 4.947 orang jamaah calon haji asal Sumatera Selatan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah yang dibagi dalam 14 kelompok terbang melalui embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Sebelum berangkat jamaah calon haji tersebut harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terakhir kelengkapan termasuk cek kesehatan.

Pada acara pemberangkatan jamaah calon haji itu antara lain hadir anggota Komisi VIII DPR RII M Iqbal R serta undangan lainnya.