Palembang rancang kawasan pejalan kaki

id kota palembang, pejalan kaki, kali lima, pusat kota, jembatan ampera, rancang kawasan

Palembang rancang kawasan pejalan kaki

Ilustrasi - Pejalan kaki melintas di Jembatan Ampera Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/12)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang akan merancang kawasan pejalan kaki di jalan utama pusat kota menuju Jembatan Ampera untuk menyongsong peran sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2018.

Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan, desain sudah disiapkan dengan target mulai pengerjaan pada 2016.

"Nanti di sepanjang Jalan Sudirman akan ada trotoar pejalan kaki yang cukup lebar dengan dilapisi batu marmer. Sehingga Kota Palembang akan seperti kota-kota internasional lainnya," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan, untuk memuluskan rencana ini, pemkot sudah menganggarkan di APBD tahun 2016 hingga 2017.

"Harapan kita, sebelum Asian Games sudah selesai," kata dia.

Selain menyediakan infrastruktur kawasan pejalan kaki, pemkot juga akan mengembangkan kawasan kuliner baru yakni dengan menjadikan Jembatan Ampera sebagai pusat kuliner di malam hari, setelah Jembatan Musi IV yang direncanakan akan dibangun pada 2016 mulai beroperasi.

Ia menjelaskan, pemerintah ingin menjaga kelestarian Jembatan Ampera yang mulai berdiri sejak 1962, dengan cara mengurangi fungsinya sebagai alat penyeberangan menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

"Jika bisa, Jembatan Ampera ini terjaga hingga ratusan tahun ke depan. Untuk itu, harus ada jembatan alternatif yakni Jembatan Musi IV sehingga Jembatan Ampera sepenuhnya difungsikan sebagai lokasi wisata dan pusat kuliner saja," kata Harnojoyo.

Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.

Saat ini, wisatawan berkunjung ke Indonesia sekitar 35 persen tertarik terhadap faktor alam, seperti ekologi dan kelautan. Sekitar 60 persen tertarik kuliner, religi, dan sejarah, sementara peminat wisata buatan seperti pertunjukan dan beragam pameran hanya 5 persen.

Berdasarkan data ini, Harnojoyo mengatakan Pemkot Palembang mulai menggenjot wisata kuliner sebagai salah satu andalan selain wisata religi.

Untuk menunjang sektor pariwisata ini, pemerintah juga mendorong pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Palembang, mengingat pada 2018 menjadi tuan ruamh Asian Games ke-18.

Pemerintah provinsi dengan dibantu pendanaan APBN saat ini berupaya merealisasikan pembangunan Jembatan Musi IV dengan dana sekitar Rp400 miliar.

"Setelah menyelesaikan pembangunan duplikat Jembatan Musi II dan jalan trowongan, pemerintah akan melanjutkan ke pembangunan Jembatan Musi IV untuk mengurangi beban Jembatan Ampera yang menjadi satu-satunya akses antara seberang ulu dan hilir," kata dia.