Polres Dan TNI siap amankan Pilkada Muratara

id polri

Polres Dan TNI siap amankan Pilkada Muratara

Logo Pemkab Musi Rawas Utara (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Polres Musirawas, Sumatera Selatan dibantu anggota TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Musirawas Utara yang akan digelar Desember 2015.

"Kami akan menyiapkan ratusan personel polisi dan diperkuat satu pleton anggota TNI, sesuai arahan Pangdam II Sriwijata Mayjen TNI Iskandar saat bekunjung ke Musirawas beberapa hari lalu," kata Kapolres Musirawas AKBP Nurhadi Handayani, Senin.

Ia mengatakan, pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Musirawas Utara (Muratara) itu menjadi fokus karena baru pertama kali memilih bupati definitif setelah dimekarkan akhir 2013 dari kabupaten induk Musirawas.

Selama ini masyarakat di wilayah itu sering terprovokasi tindakan anarkis karena wilayahnya belum dimekarkan, namun setelah menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) pada 2013 cara berpikir masyarakatnya sudah lebih maju.

"Saya yakin warga Musirawas Utara sudah sadar, bila masih menimbulkan konflik berarti bukan menunjukan kemajuan, tapi hanya kemunduran yang tidak ingin daerahnya lebih maju," tandasnya.

Ia mengharapkan, untuk mewujudkan kemanan di wilayah itu harus didukung pemerintah daerah bersama masyarakatnya, terutama masalah anggaran pengamanan dan pola pikir yang lebih maju.

"Saya sudah ketemu dengan Ketua Bawaslu Sumsel Andika dan Ketua DPRD Musirawas Utara Efriyansah membahas masalah anggaran keamanan," ujarnya.

Berdasarkan informamsi yang didapat untuk biaya Pilkada di Kabupaten Musirawas dianggarkan Rp1,5 miliar dan pengamanan Pilkada di Kabupaten Musirawas Utara sebesar Rp5 miliar.

Idealnya anggaran Pilkada untuk Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara seluruhnya sebesar Rp10 miliar atau masing-masing Rp5 miliar, tapi semuanya belum final karena anggaran Pilkada untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mencapai Rp5,3 miliar.

Sebelumnya Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar MS menyatakan siap menerjunkan satu pleton anggota TNI AD karena tujuannya untuk memperkuat pengamanan selama pelaksanaan Pilkada langsung didua wilayah itu.

"Saya sudah menyampaikan kepada Dandim 0406/Musirawas dan Polres Musirawas terkait pengamanan jelang Pilkada di kabupaten pemekaran tersebut untuk menciptakan rasa aman dan kondusif," ujarnya.