Pembangunan Jembatan Musi IV dimulai April 2015

id musi IV, jembatan musi IV

Pembangunan Jembatan Musi IV dimulai April 2015

Ilustrasi---Desain Jembatan Musi IV Palembang. (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Proyek pembangunan Jembatan Musi IV Palembang Sumatera Selatan, akan dimulai April 2015 karena proses pembebasan lahan yang dilakukan pemerintah kota telah mencapai 70 persen.

Kepala Bidang Pelaksana Balai Besar Pembangunan Jembatan Nasional III Kementerian Pekerjaan Umum A Djunaidi di Palembang, Senin, mengatakan pembangunan tersebut akan dimulai dari sisi hilir yakni di kawasan Pasar Kuto atau persisnya di lokasi kantor Dinas Tata Kota Palembang.

Sementara, pembangunan sisi hulu jembatan di kawasan 14 Ulu, Sungai Kangkang, akan dimulai setelah penanaman pondasi di sisi hilir telah rampung.

"Informasi terbaru yang didapatkan dari pemerintah kota, terjadi peningkatan signifikan untuk pembebasan lahan sehingga pada April ini sudah bisa jalan," ujar dia.

Ia mengatakan, jika proyek ini dimulai pada April maka akan selesai pada pertengahan 2017 atau sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang.

"Kuncinya di pembebasan lahan, jika ini sudah selesai maka akan langsung dengan dijalankan proses tender. Dana sendiri sudah ada dari kebutuhan sebesar Rp400 miliar," kata dia.

Jembatan Musi IV dengan panjang 700 meter akan dibangun dengan model ekstrados yakni menyerupai Jembatan Suramadu Surabaya-Madura.

Secara tampilan, jembatan ini akan lebih cantik dari Jembatan Duplikat Musi II yang bermodel pelengkung box baja dengan panjang 338 meter.

Selain merencanakan Jembatan Musi IV, pemerintah juga akan membangun Jembatan Musi VI (yang menghubungkan kawasan Tanggabuntung dan Kertapati), dan Musi III (yang menghubungkan Pulau Kemaro dan Pusri/Plaju)