Pemkot Lubuklinggau bangun kawasan industri

id lubuklinggau, wako lubuklinggau

Pemkot Lubuklinggau bangun kawasan industri

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pemda Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, akan membangun kawasan industri mulai 2016, karena lahannya sudah disiapkan sekitar 300 hektare di Kecamatan Lubuklinggau Selatan.

Pada tahun 2015 pemerintah daerah akan menyelesaikan bangunan infrastruktur jalan dan persiapan mengundang para investor, kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe di Lubuklinggau, Jumat.

Ia mengatakan, pembangunan kawasan industri itu antara lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Lubuklinggau dan terwujudnya visi yakni terwujudnya Lubuklinggau sebagai Kota Jasa, Industri dan Perdagangan yang Unggul untuk menjadi Role-model Masyarakat Madani.

Tahapan pembangunannya akan dimulai tahun depan dan dipusatkan di Kecamatan Lubuklinggau Selatan, di lokasi itu nanti banyak membantu meningkatakan perekonomian masyarakat dan mengurangi jumlah pengangguran di daerah itu.

Sekarang Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Lubuklinggau telah melakukan pelebaran jalan di wilayah itu, guna mempercepat akses pembangunan program di bidang ekonomi di wilayah kawasan industri tersebut.

Dipilihnya Lubuklinggau Selatan menjadi pusat kawasan industri karena banyak bahan baku mentah untuk diolah menjadi bahan jadi, seperti mentah karet, cabai, minyak sawit dan lainnya.

Bahan baku itu selama ini dijual dalam bentuk asalan dan diolah di provinsi lain, dengan adanya kawasan industri di wilayah Lubuklinggau maka bisa memotong biaya pengeluaran pabrik.

Sedangkan pada bagian distribusinya sudah disiapkan infrastruktur jalan yang bebas menuju terminal angkutan, kargo udara maupun angkutan transportasi kereta api.

Menurut dia, ada beberapa point dalam pengembangan kawasan industri antara lain pengembangan industri hilir, pengembangan industri kemasan dan pengembangan wilayah selatan Kota Lubuklinggau.

Untuk pemberian insentif bagi investor sudah disiapkan lahan gratis, kemudahan perizinan, tersedia akses jalan menuju kawasan industri tersebut, ujarnya.

Humas Pemkot Lubuklinggau, Nurussulhi Nawawi mengatakan, Wali Kota sudah memerintahkan Dinas PU Bina Marga untuk membangun jalan menuju kawasan industri tersebut.

Jalan yang dibangun itu mulai dari Kelurahan Rahma lalu melewati Kelurahan Jukung dan Binjai, jalan itu awalnya eks jalan menuju obyek wisata taman yang dibiayai anggaran provinsi sebesar Rp5 miliar, namun akan ditingkatkan dengan anggaran APBD setempat.

Pada lahan yang dicadangkan untuk kawasan industri tersebut sekitar 300 hektare selain membangun pabrik pengolahan juga akan dibangun gudang dan lokasi bongkar muat bahan industri, ujarnya.