Sumsel sediakan dana pembebasan lahan kawasan ekonomi

id permana, kadisperindag sumsel

Sumsel sediakan dana pembebasan lahan kawasan ekonomi

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana ((Foto Antarasumsel.com/15/Dolly Rosana))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan menyediakan dana untuk pembebasan lahan bangunan industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pelabuhan laut Tanjung Api-Api pada tahun 2015.

"Kita akan melakukan pembebasan lahan di KEK pelabuhan laut Tanjung Api-Api pada tahun 2015 untuk pembangun areal industri," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan, Permana di Palembang, Selasa.

Menurut dia, anggaran untuk pembebasan lahan di KEK Tanjung Api-Api itu sudah ada di Disperindag Sumsel.

Sumsel telah ditetapkan sebagai pusat distribusi regional dan sudah didukung dari pusat Rp35 miliar untuk pusat logistik sehingga apabila terwujud outflow hasil bumi Sumsel bisa lebih lancar, katanya.

Ia mengatakan, lahan KEK Tanjung Api-Api itu juga ada dana dari pusat dan ada pula dari daerah Sumsel, tetapi khusus di Disperindag Sumsel adalah untuk pembebasan lahan, karena untuk bangun industri.

"Jadi, anggaran itu ada di kita Disperindag Sumsel, selama ini di Biro Pemerintahan dimana anggarannya Rp51 miliar," ujarnya.

Ia menuturkan, anggaran pembebasan lahan itu sudah disahkan dan DPRD Sumsel juga sudah setuju, sekarang ini tahap inventarisasi lahan berapa kepala keluarga (KK), berapa luas lahan, berapa negoisasi harga.

Nanti ada jasa konsultan yang menetapkan hargaa, pihaknya hanya sebagai juru juru bayar jika sudah diyatakan "clear and clean" lahan itu milik siapa, suratnya punya siapa, berapa hektare luasnya.

Konsultan yang annti menetapkan harga antara petani pemilik lahan, dan pemerintah hanya membayar melalui transfer lewat rekening yang punya lahan, jelasnya.