13.618 RTS OKU terima dana keluarga sejahtera

id kantor pos, penyaluran dana simpanan keluarga sejahtera

13.618 RTS OKU terima dana keluarga sejahtera

Sejumlah masyarakat penerima dana simpanan keluarga sejahtera di Kantor Pos (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 13.618 Rumah Tangga Sasaran di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, pemilik Kartu Perlindungan Sosial dalam waktu dekat akan menerima dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera dari pemerintah pusat.

Manager Kantor Pos Baturaja, Muharmansyah, melalui Ketua Satgas Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Donny Farzon, Selasa menjelaskan, pencairan dana kompensasi kenaikan harga BBM untuk masyarakat kurang mampu itu akan dilakukan mulai 20 November hingga 12 Desember 2014.

Menurut dia, dana PSKS hampir sama dengan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), hanya saja bedanya masyarakat miskin yang hendak mencairkan dana bisa dilakukan kapan saja.

"Meskipun sudah lewat waktunya, Rumah Tangga Sasaran (RTS) pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) bisa kapan saja mengambil uangnya, karena bentuk simpanan yang ditransferkan pemerintah pusat langsung ke rekening pemegang KPS," ungkapnya.

Adapun jumlah dana yang akan diterima nilainya sebesar Rp200 ribu perbulan per RTS.

"Sementara, jumlah total dana yang akan kita bagikan di Kabupaten OKU nanti adalah sekitar Rp2,7 miliar," katanya.

Mengenai syarat mencairkan dana itu, Donny menjelaskan, penerima harus membawa KPS dan foto copi KTP atau kartu keluarga.

"Kami telah menyiapkan empat loket pembayaran di samping kantor pos. Kami berharap yang mengambil dana ini langsung kepala keluarga masing-masing tanpa diwakilkan, sehingga prosesnya bisa cepat," kata Donny.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres OKU agar menyiapkan personel di lokasi pencairan kantor pos, sehingga bisa berjalan tertib dan aman.