Qori terbaik Sumsel ikut MTQ Internasional di Palembang

id mtq, mtq internasional, sumsel, qori terbaik sumsel ikut mtq internasional di palembang

Palembang (ANTARA Sumsel) - Qari dan qariah terbaik Sumatera Selatan akan ikut serta dalam Musabaqah Tilawatil Quran di Palembang 23-27 September 2014 karena sebagai tuan rumah diberi kesempatan untuk tampil dalam kegiatan pertama dilaksanakan di daerah tersebut.

Kepala Bidang Keagamaan Biro Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel Ahmad Nasuhi kepada wartawan di Palembang, Jumat, mengatakan bahwa Sumsel selaku tuan rumah akan diberikan kesempatan untuk menjadi peserta.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan mengambil pembaca Al Quran, termasuk seni membaca terbaik hasil dari MTQ nasional di Riau beberapa waktu lalu.

"Ada tiga (pembaca Al Quran, red.) yang akan diikutsertakan pada MTQ Internasional yang akan diikuti 53 negara peserta dari berbagai negara tersebut," katanya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah minta kepada panitia pusat, lalu pantia memberikan rekomendasi mengenai keikutsertaan pembaca Al Quran dari Sumsel tersebut.

Qari dan qariah yang dipersiapkan tersebut, kata Ahmad Nasuhi, akan dibina dalam pemusatan latihan, baik di Palembang maupun Jakarta.

"Yang jelas sebagai tuan rumah MTQ Internasional harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama bagi pembaca Alquran yang ada di daerah ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Daerah MTQ Internasional Ahmad Najib ketika dimintai konfirmasi membenarkan bahwa tuan rumah menjadi prioritas ikut serta pada MTQ Internasional tersebut.

Untuk peserta sendiri, kata dia, berasal dari 53 negara. Dia memperkirakan jumlah negara kemungkinan bisa bertambah pada MTQ Internasional tersebut.