Kemdikbud umumkan pemenang penulisan buku pengayaan

id kemdikbud, kemendikbud, penulisan buku, pengayaan, lomba

Kemdikbud umumkan pemenang penulisan buku pengayaan

Tut Wuri Handayani (Antarasumsel.com/Grafis)

...Lomba ini diharapkan dapat menjaring naskah buku pengayaan yang bermutu dan menggali potensi menulis di kalangan siswa, mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengumumkan 45 pemenang lomba penulisan naskah buku pengayaan 2013".
            
Lomba ini diharapkan dapat menjaring naskah buku pengayaan yang bermutu dan menggali potensi menulis di kalangan siswa, mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum, kata Wamendikbud Musliar Kasim seperti dikutip dari siaran pers Pusat Informasi dan Humas di Jakarta, Selasa.
           
Wamendikbud Musliar Kasim  mengatakan jumlah penulis dan buku yang dihasilkan orang Indonesia masih rendah, karena dalam kurikulum Bahasa Indonesia baru memberikan kompetensi pengetahuan namun tidak diajarkan bagaimana keterampilan menjadi seorang penulis.
            
Musliar sangat mengapresiasi sayembara ini dan antusiasme para peserta, dan ia pun berharap kurikulum baru yang diterapkan Kemendikbud dapat menggugah kreativitas dan keterampilan siswa untuk menghasilkan karya-karya tulis berkualitas.
             
Sebanyak 808 judul naskah dari 30 provinsi diterima panitia, dan sebanyak empat provinsi yang tidak mengirimkan naskah yaitu Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua Barat.    
     
Dari keseluruhan naskah yang masuk, dewan juri menetapkan 45 pemenang yang diumumkan di Jakarta.
   
Kategori yang dilombakan dalam sayembara penulisan tersebut meliputi naskah pengayaan pengetahuan alam dan matematika, pengetahuan sosial dan humaniora, keterampilan, kumpulan cerpen, novel, biografi, drama, kumpulan puisi dan pantun.