Kemendikbud: Sukseskan Asesmen Nasional tingkatkan mutu pendidikan

id Kemendikbudristek ,Asesmen Nasional ,Pendidikan Indonesia,Dirjen pdm kemendikbud iwan syahril

Kemendikbud: Sukseskan Asesmen Nasional tingkatkan mutu pendidikan

Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) dengan tema "Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional", Kamis (10/8/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak seluruh pihak terkait untuk menyukseskan Asesmen Nasional 2023 guna meningkatkan mutu dunia pendidikan di Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PDM), Kemendikbudristek, Iwan Syahril dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu menyampaikan program AN adalah partisipasi bersama-sama sebagai upaya untuk memajukan pendidikan dengan hasil refleksi bersama-sama, mendorong kolaborasi dengan semua pihak.

"Jadi, Asesmen Nasional benar-benar berfungsi untuk melihat potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah, yang kemudian dijadikan umpan balik yang berguna bagi sekolah dan dinas pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program," ujarnya pada webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) dengan tema "Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional", Kamis (10/8).

Ia mengemukakan Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional tidak dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi merupakan penanda perubahan paradigma tentang evaluasi mutu pendidikan.