Guru besar: pemuda harus mampu pecahkan persoalan bangsa

id iain, guru besar iain, pemuda harus mampu pecahkan persoalan bangsa

Guru besar: pemuda harus mampu pecahkan persoalan bangsa

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Patah Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Guru besar IAIN Raden Fatah Palembang Prof M Sirozi mengatakan pemuda dituntut harus mampu memecahkan permasalahan bangsa yang begitu komplek, dan hampir ada di setiap persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai pemuda maka persolan yang dihadapi bangsa tersebut harus dapat dicarikan solusinya, kata Sirozi pada acara Seminar Kebangsaan Pemuda dan Problem Kebangsaaan, di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk menyelesaikan persolan itu maka pemuda harus memiliki sudut pandang yang sama dalam pembangunan.

Pemuda harus mandiri tidak mudah terpancing isu yang belum tentu kebenarannya, termasuk harus bersih dalam segala bentuk korupsi.

Namun, yang lebih penting lagi pemuda harus memiliki tujuan yang jelas dalam pembangunan, sehingga problem dihadapi bangsa diharapkan dapat diselesaikan.

Selain itu, kata dia, pemuda harus memiliki kualitas sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan termasuk memecahkan persoalan bangsa.

Memang, sekarang ini pemuda belum begitu maksmial dalam memecahkan persoalan bangsa, bahkan kadang-kadang terkesan kurang fokus dalam mencapai tujuan.

Oleh karena itu melalui seminar ini diharapkan ada masukan yang dapat meningkatkan kualitas pemuda dalam menyelesaikan persoalan bangsa, tambah dia.