Hampir tiap hari Pemkab Muara Enim gelar operasi pasar murah

id Sumsel, muara enim

Hampir tiap hari Pemkab Muara Enim gelar operasi pasar murah

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Muara Enim H Ahmad Yani Heriyanto saat menghadiri kegiatan operasi pasar murah. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Hampir setiap hari, Operasi Pasar Murah atau dikenal dengan singkatan OPM terus digencarkan Pemkab Muara Enim melalui Dinas Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM yang didukung Dinas/Instansi terkait termasuk sejumlah stakeholder.

Senin (20/5/2024) OPM yang fokus pada komoditas pertanian dan perikanan dengan dimonitor langsung oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Ahmad Yani Heriyanto didukung oleh Bapenda, Dinpusda dan Bagian Tata Pemerintahan  Setda.

“Setiap hari kita akan mengawasi tingkat inflasi di Pasar Muara Enim dan Pasar Tanjung Enim yang menjadi fokus penilaian inflasi dan alhamdulillah hasilnya sudah stabil,” ujar Yani saat diwawancara didepan Pasar Inpres Blok D Muara Enim pagi tadi, Senin (20/05).

OPM dengan sentuhan subsidi dari APBD Kabupaten Muara Enim yang bekerjasama dengan para agen pasar sebesar Rp3000 hingga Rp20.000 per kg ini juga digelar untuk mengurangi beban masyarakat dalam membeli kebutuhan sehari-hari.

“Selain untuk semakin menekan angka inflasi, OPM subsidi pemerintah ini akan terus kita gelar sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Yani.

Lebih lanjut, Ia menginstruksikan Dinas/Instansi terkait agar dapat secara intens mengawasi stabilitas harga pangan sehingga bisa gerak cepat untuk melakukan langkah selanjutnya di samping mengawasi para pedagang jangan sampai ada yang bertindak tidak sesuai ketentuan.

Hadir diantaranya perwakilan Fokopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, perwakilan Kepala BPS Muara Enim, Tim Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim, dan Kepala UPTD Pasar Muara Enim.