3.200 orang terluka dalam festival pra-tahun baru Iran

id nowruz,tahun baru iran,chaharshanbe suri,festival iran,korban tewas,korban luka,berita palembang, berita sumsel

3.200 orang terluka dalam festival pra-tahun baru Iran

Warga Kurdi Iran merayakan hari besar Kurdi, Nowruz,  di Desa Tangi Sar, Iran, pada 20 Maret 2018.  (Bakhtiar Samadi/farsnews.com via Wikimedia Commons.)

Teheran (ANTARA) - Setidaknya 14 orang tewas dan 3.267 lainnya dilaporkan terluka di Iran sejak bermulanya perayaan awal tahun baru tradisional Iran pada 20 Februari lalu, demikian dilaporkan kantor berita Mehr, Rabu.

Festival permulaan tahun baru tersebut, yang dikenal sebagai Chaharshanbe Suri atau Rabu Merah, dirayakan pada Rabu terakhir menjelang titik balik musim semi atau hari tahun baru Persia, yang dikenal dengan istilah Nowruz, dan diperkirakan jatuh pada 21 Maret.

Kantor berita tersebut melaporkan setidaknya sudah ada 463 orang yang telah dibawa ke fasilitas kesehatan akibat cedera.

Selain itu, 189 orang kehilangan anggota badannya, 1.070 orang mengalami cedera mata, dan 981 lainnya menderita luka bakar.

Nowruz dirayakan di banyak negara di Asia Barat dan Tengah serta di kawasan Kaukasus, Laut Hitam, dan di negeri-negeri Balkan selama beberapa hari.