Sejumlah kabupaten dari Kalsel studi tiru perumahan ke Prabumulih

id Sumsel, prabumulih

Sejumlah kabupaten dari Kalsel studi tiru perumahan ke Prabumulih

Sejumlah pemerintah daerah dari Provinsi Kalimantan Selatan melakukan studi tiru ke Kota Prabumulih Sumatera Selatan terkait pengentasan masalah perumahan penduduk, khususnya bagi warga yang membutuhkan fasilitasi dari pemerintah, Jumat (16/2/2024). (ANTARA/HO.DiskominfoI

Prabumulih, Sumsel (ANTARA) - Sejumlah pemerintah daerah dari Provinsi Kalimantan Selatan melakukan studi tiru ke Kota Prabumulih Sumatera Selatan terkait pengentasan masalah perumahan penduduk, khususnya bagi warga yang membutuhkan fasilitasi dari pemerintah, Jumat (16/2/2024).

Keberhasilan Pemkot Prabumulih mengatasi masalah perumahan bagi masyarakat kurang ekonomi, melalui sejumlah program. Salah satunya, program bedah rumah, pembangunan rumah komunitas, dan terakhir RITA.

Kabupaten/kota yang turut serta dalam studi tiru ini yaitu, Kabupaten Tabalong, Kabupaten HST, Kabupaten HSS, Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjar Baru dan Kabupaten Balangan.

Pj Wako Prabumulih, H Elman  mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta Pemkot Prabumulih dan stakeholdernya.

Semua pihak, kata dia bergotong royong mengatasi masalah perumahan di Kota Nanas itu bagi keluarga kurang mampu. Hal ini juga, dalam rangka mengatasi kemiskinan ekstrim di Prabumulih guna memberikan rumah layak kepada keluarga kurang mampu.

"Sejauh ini masih terus belajar dan juga berinovasi dalam hal tersebut," katanya.

Program tersebut, kata Elman, Pemkot Prabumulih berkolaborasi bersama BAZNAS. Lalu, DPRD Prabumulih, Polres Prabumulih, Kodim 0404/Muara Enim, PHRZ 4, BSB, PT Perta Samtan Gas, bantuan pemerintah pusat, dan lainnya.

Kadis Perkim Provinsi Kalsel  Mursyidah Aminy mengatakan, sengaja belajar ke Prabumulih dalam rangka penyelesaian RTLH di Provinsi Kalsel, guna percepatan program.

“Apalagi, Prabumulih sudah diakui secara nasional. Kita yakin, ilmu didapat dari studi tiru ini akan bisa diterapkan di Provinsi Kalsel dan kabupaten/kotanya dalam rangka ikut mengatasi kemiskinan ekstrim,” bebernya.