KedaiKOPI nilai Prabowo-Gibran unggul karena efek Joko Widodo

id Hitung Cepat KedaiKOPI,Prabowo-Gibran,Pilpres 2024,Pilpres Satu Putaran

KedaiKOPI nilai Prabowo-Gibran unggul karena efek Joko Widodo

Pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio (tengah) dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Survei KedaiKOPI menilai pasangan Prabowo-Gibran berhasil unggul di Pilpres 2024 berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei tersebut, di antaranya karena efek dari Presiden RI Joko Widodo.
 
"Prabowo sebetulnya punya simpanan elektabilitas sudah 40 persen. Kalau sekarang dia ada di 59 persen, itu bantuan dari Pak Jokowi juga," kata pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.
 
Selain elektabilitas Prabowo yang memang konsisten berada di kisaran 40 persen sejak mengikuti Pilpres 2014 dan 2019, kata Hendri, pengaruh dukungan dari Jokowi terhadap Prabowo-Gibran membuat elektabilitas mereka mencapai 59 persen.
 
Dari total data hasil hitung cepat nasional Pilpres 2024 oleh KedaiKOPI sebanyak 93 persen, Prabowo-Gibran tercatat unggul sementara dengan perolehan suara sebesar 59,08 persen.
 
"Ini data per pukul 20.20 WIB, data masuk 93 persen. Prabowo-Griban unggul jauh dan sulit paslon lain menyusul," kata Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio.
 
Sementara itu, posisi kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebesar 24,49 persen, kemudian ketiga pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dengan perolehan suara sebesar 16,54 persen.