KPU OKU gelar simulasi pemungutan suara Pemilu

id Simulasi TPS, pemungutan suara, Pemilu 2024, KPU OKU, Polres OKU

KPU OKU gelar simulasi pemungutan suara Pemilu

KPU Kabupaten OKU menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS di pelataran Kantor KPU setempat, di Baturaja, Rabu (31/1/2024). ANTARA/Edo Purmana/24.

Baturaja (ANTARA) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) di pelataran Kantor KPU setempat, Rabu.

Ketua KPU OKU Ade Satria Dwi Putra di Baturaja, Rabu mengatakan kegiatan simulasi tersebut merupakan yang kedua kalinya dilakukan setelah sebelumnya digelar pada 24 Desember 2023.

Dia mengatakan kegiatan simulasi tersebut tidak mengalami perubahan, baik secara mekanisme maupun prosesnya.

"Dalam simulasi hanya dilakukan untuk dua pasangan calon presiden dan wakil presiden," katanya.

Dia menjelaskan simulasi di TPS itu dibuat sedemikian rupa dengan proses pemungutan suara dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024.

"Nanti jika memungkinkan bakal disiapkan mesin foto copy di masing-masing TPS," kata Ade.

Ade menjelaskan simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut dilakukan untuk melatih para petugas TPS agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar pada saat pelaksanaan pemilu nanti.

"Simulasi ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh perangkat dan sarana prasarana yang akan digunakan pada pemilu nanti sudah siap dan berfungsi dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni meminta para KPPS dam PPS agar tetap menjaga netralitas dalam melaksanakan tugas sesuai aturan.

"Kepolisian juga dipastikan memback up penuh personel keamanan. Semuanya sudah kami bagi tugas, termasuk pengamanan di titik rawan konflik," ujarnya.