Pj Gubernur Sumsel: Perempuan berperan penting turunkan stunting

id Pemprov sumsel,stunting,Peringatan hari ibu,Studi status gizi

Pj Gubernur Sumsel: Perempuan  berperan penting turunkan stunting

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat menyerahkan penghargaan kepada 17 perempuan pemimpin desa atau kelurahan inspiratif, di Palembang, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/HO/Diskominfo Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menyebutkan perempuan berperan penting dalam menurunkan angka stunting di wilayah itu.

Fatoni saat menghadiri puncak peringatan Hari Ibu ke- 95 Tahun 2023, di Palembang, Kamis, mengatakan pentingnya peran perempuan dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Sumsel.
 
Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting di Sumatera Selatan turun dari 24,8 persen menjadi 18,6 persen.

“Angka ini lebih rendah dari prevalensi nasional sebesar 21,6 persen. Bahkan Sumsel masuk dalam tiga besar daerah yang berhasil menurunkan angka stunting dengan sangat signifikan. Sumsel mampu menurunkan angka stunting 6,2 persen melebihi capaian nasional di tahun 2022,” katanya.

Ia berharap permasalahan stunting ini bisa segera dituntaskan, begitu juga penanganan kemiskinan ekstrem.

“Peran ibu juga sangat penting dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem yang menjadi program pemerintah. Selain itu juga yang tidak kalah penting adalah penanganan inflasi, karena inflasi juga bisa berdampak terhadap stunting dan kemiskinan ekstrem,” ujarnya.