Prabowo inginkan Indonesia bisa produksi mobil dan kapal

id Kampanye prabowo di banten,Prabowo Gibran,Pemilu 2024,Prabowo,Gibran

Prabowo inginkan Indonesia bisa produksi mobil dan kapal

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat memberikan orasi politik saat menghadiri kegiatan doa bersama 2000 kiai se-Banten di Aula Mulyadi Jayabaya, Jalan Rangkasbitung-Pandeglang, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (3/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan harapannya agar Indonesia bisa menjadi negara produsen mobil dan kapal yang handal.

"Kita akan punya mobil buatan Indonesia sendiri. Sekarang, saya diperintah oleh Pak Jokowi, kita sudah merintis, kita sudah bikin jip buatan Indonesia sendiri," kata Prabowo dalam orasi politiknya pada kegiatan doa bersama 2000 kiai se-Banten di Lebak, Banten, Minggu (3/12).

Prabowo menilai keberhasilan awal dalam merintis produksi jip buatan Indonesia-yang diberi nama "Jip Maung"-dengan kandungan komponen dalam negeri mencapai 73 persen, menjadi pijakan untuk lebih jauh mengembangkan industri otomotif di Indonesia.

"Sekarang, kandungannya baru 73 persen. Tetapi kalau 70 persen ke atas sudah bisa kita mengatakan ini buatan Indonesia. Tetapi dua tahun, tiga tahun lagi, ini akan menjadi 90 persen barang-barangnya akan menggunakan komponen di Indonesia," tegas Prabowo.



Dia juga bercita-cita agar ke depannya Indonesia tidak hanya memproduksi mobil jip; tetapi juga mobil sedan, pikap, truk, dan motor.

Tidak hanya itu, menteri pertahanan Kabinet Indonesia Maju itu juga berharap agar Indonesia dapat merintis produksi TV, pesawat terbang, kereta api, kapal, dan sejumlah barang lainnya.