OKU Selatan berusaha mengatasi masalah gajah liar

id gajah OKU Selatan,gajah liar,konflik gajah liar,berita sumsel, berita palembang

OKU Selatan berusaha mengatasi  masalah gajah liar

Pemerintah daerah melaksanakan pertemuan untuk membahas penanganan konflik gajah liar di Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (3/11/2023). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Provinsi Sumatera Selatan berusaha mengatasi masalah gajah liar, yang menimbulkan keresahan warga karena masuk ke area permukiman dan perkebunan.

"Beberapa waktu lalu amukan gajah liar di daerah Mekakau Ilir merusak tanaman perkebunan dan gubuk warga hingga tidak bisa ditempati lagi," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten OKU Selatan Joni Rafles di Muaradua, Jumat.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan sedang merumuskan strategi jangka panjang untuk mencegah konflik hewan liar dengan manusia.

"Untuk jangka pendek, dalam waktu dekat Pemkab OKU Selatan bersama BKSDA, TNI, Polri, dan pihak-pihak terkait akan turun ke lapangan guna mendampingi masyarakat yang menghadapi konflik dengan gajah," kata Joni.